Laptop Icon yang Bias


Di kalangan masyarakat Indoenesia, Laptop tentunya tidak seterkenal PC Desktop. Hal ini dikarenakan selain harganya yang masih dianggap melangit bagi sejumlah besar masyarakat Indonesia, juga karena tradisi kerja kita bukan berdasarkan konsep perencenaan tertentu dan belum terbiasa menulis dan membuat laporan atau catatan kemajuan pekerjaan, dan sebab-sebab lainnya. Intinya, Laptom masih merupakan icon bagi identitas manusia-manusia “langitan”, baik secara sosial maupun ekonomi.

Kini entah karena apa, Laptop sedikit demi sedikit bergeser menjadi sesuatu yang berkesan “lucu”. Hal ini tentunya bagi masyarakat Indoensia. Sebagai contoh, dapat dilihat dari komentar Ole-Ole dalam Koran Harian Pikiran Rakyat, Hari Jum’at 23 Maret 2007. Bunyi lengkapnya begini: laptop; ANGGOTA DPR akan diberi laptop seharga Rp 21 juta (Mau adu lucu sama Tukul?). Mungkin gara-gara ungkapan Tukul yang sangat terkenal itu: “Kembali ke Laptop”.

Ungkapan Ole-Ole itu bisa baca dengan beberapa cara pandang. Bisa dilihat dari karakteristik para anggota DPR nya sendiri yang kini senantiasa menjadi pembicaraan yang berbau “sinis” oleh berbagai kalangan. Sehingga, apa pun yang berhubungan dengan “DPR” cenderung dipandang tidak patut. Apalagi kini isu yang mengemuka berelasi dengan sesuatu yang sangat dekat dengan icon bagi acara yang dibawakan oleh Tukul, yaitu Laptop. Dalam hal ini, keberadaan dan fungsi Laptop bagi para anggota DPR seolah-olah dinafikan. Dengan kata lain, kita harus berpikir ulang untuk memberikan Laptop pada anggota DPR, karena Laptop tidak memiliki kegunaan apa pun bagi para anggota DPR kecuali menampah “kelucuannya”. HAHAHA

2 thoughts on “Laptop Icon yang Bias

  1. garth says:

    goooooooooood

  2. ibn ghifarie says:

    Yup……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s